PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN
MEMBUKA USAHA MANDIRI
Dosen Pengampu : Siti Munawaroh,
S.Pd
Tugas mata kuliah
Kewirausahaan
Oleh
:
RAHMAT
WAHYUDI IRIANTO (105773)
PROGRAM
PENDIDIKAN MATEMATIKA 2009D
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN
GURU REPUBLIK INDONESIA
JOMBANG
Kata
Pengantar
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha
Penyayang”.
Puja dan puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena rahmat
dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Membuka Usaha”.
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas Ujian Tengah
Semester mata kuliah Kewirausahaan di Prodi Pend. Matematika, STKIP PGRI
Jombang.
Dalam pelaksanaan tugas makalah ini banyak pihak yang
telah membantu persiapan, pelaksanaan hingga selesainya tugas makalah ini,
untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada :
1. Siti Munawaroh,
S.Pd. selaku dosen mata kuliah Kewirausahaan yang telah banyak
memberikan pengarahan dan bimbingan kepada penyusun.
2. Seluruh
pihak yang telah membantu penyusun hingga terselesaikannya makalah ini,
khususnya rekan-rekan mahasiswa prodi pendidikan Matematika 2009 D STKIP PGRI Jombang.
Meskipun sudah berusaha dengan baik, tetapi kami
menyadari kalau makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, kami
sangat menghargai setiap kritik dan saran untuk perbaikan lebih lanjut.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat
bermanfaat baik bagi penyusun maupun semua pihak yang membacanya.
Jombang, Mei 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL...................................................................................................................i
KATA PENGANTAR ..............................................................................................................ii
DAFTAR ISI............................................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
BAB I PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG...................................................................................................5
1.2 MANFAAT PEMBUATAN PROPOSAL....................................................................5
1.3TUJUAN PENYUSUNAN PROPOSAL........................................................................6
1.2 MANFAAT PEMBUATAN PROPOSAL....................................................................5
1.3TUJUAN PENYUSUNAN PROPOSAL........................................................................6
BAB II PERENCANAAN PROPOSAL
2.1 ASPEK
PRODUKSI....................................................................................................7
2.2 ASPEK PEMASARAN...............................................................................................8
2.3 ASPEK ORGANISASI / MANAGEMEN .................................................................8
2.4 ANALISIS SWOT ......................................................................................................9
2.2 ASPEK PEMASARAN...............................................................................................8
2.3 ASPEK ORGANISASI / MANAGEMEN .................................................................8
2.4 ANALISIS SWOT ......................................................................................................9
BAB III
PERENCANAAN KEUANGAN
3.1 MODAL USAHA.....................................................................................................10
3.1.1 BIAYA TETAP ....................................................................................................10
3.1.2 BIAYA VARIABEL ............................................................................................11
3.1.2 BIAYA TAK TERDUGA ....................................................................................11
3.2 PENGELOLAAN KEUANGAN
3.2.1 PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI/ HPP.........................................12
HPP ................................................................................................................................................12
LABA YANG DIINGINKAN .....................................................................................................12
HARGA JUAL............................................................................................................................. 12
3.2.2 ANALISIS PENDAPATAN ...............................................................................................12
3.2.3 ANALISIS PERENCANAAN LABA /RUGI ....................................................................12
3.1 MODAL USAHA.....................................................................................................10
3.1.1 BIAYA TETAP ....................................................................................................10
3.1.2 BIAYA VARIABEL ............................................................................................11
3.1.2 BIAYA TAK TERDUGA ....................................................................................11
3.2 PENGELOLAAN KEUANGAN
3.2.1 PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI/ HPP.........................................12
HPP ................................................................................................................................................12
LABA YANG DIINGINKAN .....................................................................................................12
HARGA JUAL............................................................................................................................. 12
3.2.2 ANALISIS PENDAPATAN ...............................................................................................12
3.2.3 ANALISIS PERENCANAAN LABA /RUGI ....................................................................12
BAB IV PENUTUP
4.1 KESIMPULAN........................................................................................................
13 4.2 SARAN....................................................................................................................13
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Saya
mengangkat usaha nasi goreng ini karena ada beberapa faktor yaitu karena nasi
goreng merupakan makanan yang mudah di dapat dan banyak di gemari oleh beberapa
masyarakat di indonesia. Maka dari pembuatan proposal usaha nasi goreng ini
sebagai bahan perencanaan suatu gambaran setelah lulus dari STKIP PGRI
Jombang.
1.2 MANFAAT PEMBUATAN PROPOSAL
Proposal
ini saya buat agar bermanfaat seperti untuk belajar mandiri untuk mengisi waktu
luang setelah kuliah,
dapat juga bermanfaat untuk :
Ø
Membantu wirausaha untuk mengembangkan usaha dan menguji
strategi dan hasil yang di harapkan dari sudut pandang pihak lain (investor).
Ø
Membantu wirausaha untuk berfikir kritis dan obyektif atas bidang
usaha yang akan dijalankan.
Ø
Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan menyakinkan
gagasan kepada pihak lain.
Ø
Membantu meningkatkan keberhasilan para wirausaha.
1.3 TUJUAN KHUSUS
Ø
Proposal ini di buat untuk memenuhi tugas Ujian Tengah
Semester mata kuliah kewirausahaan.
TUJUAN UMUM
Ø
Inisiatif wirusaha sebagai pemilik usaha dalam membuka usaha
Ø
Memajukan kehidupan masyarakat dan memperbaiki ekonomi
masyarakat
Ø
Menjadikan Mahasiswa lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha
Melatih Mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik
Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha
Melatih Mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik
Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha
Ø
Berguna untuk melakukan kerjasama dengan pendiri usaha lain
Dapat membuka lapangan kerja baru
Dapat membuka lapangan kerja baru
BAB
II
PERENCANAAN
PROPOSAL
2.1 ASPEK PRODUKSI
BAHAN ALAT
• nasi putih - daging ayam • telur - bawang putih • bawang merah - cabe • minyak goreng - timun • sawi (putih) - saus tomat • garam
CARA MEMBUAT
1. Halus kan cabe,bawang merah, bawang putih ,garam
2. Panas kan minyak goreng tumis bumbu halus sampai harum
3. Masuk kan telur dan sawi
4. Masuk kan nasi putih dan daging, tambah kan saus tomat dan garam aduk terus hingga benar-benar rata 5. Siap kan piring saji dan sajikan nasi goreng hangat dengan di beri hiasan.
2.2 ASPEK PEMASARAN
Proses pemasaran usaha nasi goreng ini dapat di jual dengan cara :
- Membuka tempat usaha di rumah
- Dijual di pinggir jalan raya Untuk memudah kan pemasaran/ penjualan usaha nasi goreng di perlukan tempat usaha yang strategis,aman,dan nyaman.
2.3 ASPEK ORGANISASI/MANAJEMEN
Setiap perusahaan pasti memiliki struktur atau manajemen organisasi. Struktur ini di bentuk agar setiap orang yang bergabung dalam usaha ini mempunyai tanggung jawab dan tugas yang telah di berikan, Karena usaha nasi goreng ini adalah usaha yang rintis jadi struktur organisasi nya saya dan dengan di bantu oleh orang tua, karena modal juga saya dapat dari orang tua.
2.4 ANALISIS SWOT
• STRENGHT (KEKUATAN) : - Dibantu pihak rumah - Tidak memerlukan banyak modal - Pekerjaan nya tidak sulit - Sumber daya manusia memadai - Banyak orang yang menyukai nasi goreng - Rasa nya enak - Bahan baku mudah di dapat - Harga terjangkau sesuai dengan merk masyarakat indonesia -Menyediakan produk berkualitas
• WEAKNESS (KELEMAHAN) : - Tidak mempunyai cukup dana (modal kecil) - Saingan dalam berbisis cukup banyak dan sudah banyak pejual lain
• OPPORTURRITY (PELUANG) : - Banyak konsumen yang datang untuk membeli - Mendapat kan laba yang memuaskan - Mendirikan usaha ini karena banyak nya orang yang menyukai nasi goreng -Tingkat permintaan nasi goreng tinggi
• TREATMENT (ANCAMAN): - Kurang nya dana - Persaingan dengan pedagang lain -Bangkrut akibat bon (utang) yang berlebihan - Muncul nya produk lain yang lebih berkembang - Standarisasi mutu - Perubahan selera masyarakat
BAB III PERENCANAAN KEUANGAN
3.1. MODAL USAHA MODAL : 2.000.000,00
3.1.1 BIAYA TETAP
NO NAMA BARANG BANYAK QUANTITY HARGA SATUAN JUMLAH
1 PIRING 5 LUSIN 5X24000 Rp 120.000,00
2 GEROBAK 1 UNIT 1X500.000 Rp 500.000,00
3 TIKAR 2 UNIT 2X50000 Rp 100.000,00
4 MEJA 3 UNIT 3X50000 Rp 150.000,00
5 SENDOK+GARPU 5+5 LUSIN 10X12000 Rp 120.000,00
6 PISAU 1 UNIT 1X10000 Rp 10.000,00
7 EMBER 2 UNIT 2X8000 Rp 16.000,00
8 WAJAN+SPATULA 1 PAKET 1X100000 Rp 100.000,00
9 TABUNG GAS 1 PAKET 1X400000 Rp 400000,00
10 STAPLES 1 UNIT 1X6500 Rp 6500
TOTAL Rp 1.522.500,00
3.1.2 BIAYA VARIABEL
NO NAMA BARANG BANYAK QUANTITY HARGA SATUAN JUMLAH
1 BERAS 6 kg 6x7.000 Rp 42.000,00
2 TELUR 1½ kg 1½X14.000 Rp 21.000,00
3 BAWANG PUTIH ¾ kg ¾X20.000 Rp 15.000,00
4 BAWANG MERAH ¾ kg ¾X18.000 Rp 13.000,00
5 MINYAK GORENG 1 KG 1X10.000 Rp 10.000,00
6 CABE ½ kg ½X16.000 Rp 8.000,00
7 TIMUN 1 kG 1x2.500 Rp 25.00,00
8 SAWI (PUTIH) 1 gulung 1X6.000 Rp 6000,00
9 SAOS TOMAT 1 botol kecil 1x6.000 Rp 6000,00
10 ISI STAPLES 1 kotak 1x1.000 Rp 1.000,00
11 TAS PLASTIK 2 bks besar+kecil 2x1.500 Rp 3.000,00
12 DAGING AYAM 3 kg 3x17.500 Rp 52.500,00
13 KERTAS MINYAK 30 biji 30x100 Rp 3.000,00
14 GAS 1 unit 1x15.000 Rp 15.000,00
15 GARAM SECUKUP NYA Rp 2.000
TOTAL Rp.219.000,00
3.1.3 BIAYA TAK TERDUGA
= Rp 258.500,00
3.2 PENGELOLAAN KEUANGAN
3.2.1 PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI/HPP
* HPP = BIAYA PRODUKSI/BIAYA VARIABEL JUMLAH PRODUKSI =Rp 219.000 = Rp 4562 DIBULAT KAN Rp 4600 48
* LABA = BIAYA PRODUKSI X 50% JUMLAH PRODUKSI =Rp 219.000 X 50 % 48 =Rp 4562 x 50 %= Rp 2281
DIBULAT KAN Rp 2300
* HARGA JUAL = HPP + LABA 4562+2281= Rp 6843 ATAU Rp 7000
3.2.2 ANALISIS PENDAPATAN
• PENDAPATAN PER HARI
Jumlah barang X harga X 1 hari =48 X Rp 7000 X 1 =Rp 336.000,00
• PENDAPATAN PER BULAN
Jumlah barang X harga X bulan =48 X Rp 7000 X 30 Hari =Rp10.080.000,00
3.2.3 ANALISIS PERENCANAAN LABA/RUGI
• Pendapatan per bulan – (biaya variabel x bulan) Rp 10.080.000 – (219.000 x 30 hari) Rp 295.830.000 – 6.570.000= Rp 3.510.000,0
BAB IV
BAHAN ALAT
• nasi putih - daging ayam • telur - bawang putih • bawang merah - cabe • minyak goreng - timun • sawi (putih) - saus tomat • garam
CARA MEMBUAT
1. Halus kan cabe,bawang merah, bawang putih ,garam
2. Panas kan minyak goreng tumis bumbu halus sampai harum
3. Masuk kan telur dan sawi
4. Masuk kan nasi putih dan daging, tambah kan saus tomat dan garam aduk terus hingga benar-benar rata 5. Siap kan piring saji dan sajikan nasi goreng hangat dengan di beri hiasan.
2.2 ASPEK PEMASARAN
Proses pemasaran usaha nasi goreng ini dapat di jual dengan cara :
- Membuka tempat usaha di rumah
- Dijual di pinggir jalan raya Untuk memudah kan pemasaran/ penjualan usaha nasi goreng di perlukan tempat usaha yang strategis,aman,dan nyaman.
2.3 ASPEK ORGANISASI/MANAJEMEN
Setiap perusahaan pasti memiliki struktur atau manajemen organisasi. Struktur ini di bentuk agar setiap orang yang bergabung dalam usaha ini mempunyai tanggung jawab dan tugas yang telah di berikan, Karena usaha nasi goreng ini adalah usaha yang rintis jadi struktur organisasi nya saya dan dengan di bantu oleh orang tua, karena modal juga saya dapat dari orang tua.
2.4 ANALISIS SWOT
• STRENGHT (KEKUATAN) : - Dibantu pihak rumah - Tidak memerlukan banyak modal - Pekerjaan nya tidak sulit - Sumber daya manusia memadai - Banyak orang yang menyukai nasi goreng - Rasa nya enak - Bahan baku mudah di dapat - Harga terjangkau sesuai dengan merk masyarakat indonesia -Menyediakan produk berkualitas
• WEAKNESS (KELEMAHAN) : - Tidak mempunyai cukup dana (modal kecil) - Saingan dalam berbisis cukup banyak dan sudah banyak pejual lain
• OPPORTURRITY (PELUANG) : - Banyak konsumen yang datang untuk membeli - Mendapat kan laba yang memuaskan - Mendirikan usaha ini karena banyak nya orang yang menyukai nasi goreng -Tingkat permintaan nasi goreng tinggi
• TREATMENT (ANCAMAN): - Kurang nya dana - Persaingan dengan pedagang lain -Bangkrut akibat bon (utang) yang berlebihan - Muncul nya produk lain yang lebih berkembang - Standarisasi mutu - Perubahan selera masyarakat
BAB III PERENCANAAN KEUANGAN
3.1. MODAL USAHA MODAL : 2.000.000,00
3.1.1 BIAYA TETAP
NO NAMA BARANG BANYAK QUANTITY HARGA SATUAN JUMLAH
1 PIRING 5 LUSIN 5X24000 Rp 120.000,00
2 GEROBAK 1 UNIT 1X500.000 Rp 500.000,00
3 TIKAR 2 UNIT 2X50000 Rp 100.000,00
4 MEJA 3 UNIT 3X50000 Rp 150.000,00
5 SENDOK+GARPU 5+5 LUSIN 10X12000 Rp 120.000,00
6 PISAU 1 UNIT 1X10000 Rp 10.000,00
7 EMBER 2 UNIT 2X8000 Rp 16.000,00
8 WAJAN+SPATULA 1 PAKET 1X100000 Rp 100.000,00
9 TABUNG GAS 1 PAKET 1X400000 Rp 400000,00
10 STAPLES 1 UNIT 1X6500 Rp 6500
TOTAL Rp 1.522.500,00
3.1.2 BIAYA VARIABEL
NO NAMA BARANG BANYAK QUANTITY HARGA SATUAN JUMLAH
1 BERAS 6 kg 6x7.000 Rp 42.000,00
2 TELUR 1½ kg 1½X14.000 Rp 21.000,00
3 BAWANG PUTIH ¾ kg ¾X20.000 Rp 15.000,00
4 BAWANG MERAH ¾ kg ¾X18.000 Rp 13.000,00
5 MINYAK GORENG 1 KG 1X10.000 Rp 10.000,00
6 CABE ½ kg ½X16.000 Rp 8.000,00
7 TIMUN 1 kG 1x2.500 Rp 25.00,00
8 SAWI (PUTIH) 1 gulung 1X6.000 Rp 6000,00
9 SAOS TOMAT 1 botol kecil 1x6.000 Rp 6000,00
10 ISI STAPLES 1 kotak 1x1.000 Rp 1.000,00
11 TAS PLASTIK 2 bks besar+kecil 2x1.500 Rp 3.000,00
12 DAGING AYAM 3 kg 3x17.500 Rp 52.500,00
13 KERTAS MINYAK 30 biji 30x100 Rp 3.000,00
14 GAS 1 unit 1x15.000 Rp 15.000,00
15 GARAM SECUKUP NYA Rp 2.000
TOTAL Rp.219.000,00
3.1.3 BIAYA TAK TERDUGA
= Rp 258.500,00
3.2 PENGELOLAAN KEUANGAN
3.2.1 PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI/HPP
* HPP = BIAYA PRODUKSI/BIAYA VARIABEL JUMLAH PRODUKSI =Rp 219.000 = Rp 4562 DIBULAT KAN Rp 4600 48
* LABA = BIAYA PRODUKSI X 50% JUMLAH PRODUKSI =Rp 219.000 X 50 % 48 =Rp 4562 x 50 %= Rp 2281
DIBULAT KAN Rp 2300
* HARGA JUAL = HPP + LABA 4562+2281= Rp 6843 ATAU Rp 7000
3.2.2 ANALISIS PENDAPATAN
• PENDAPATAN PER HARI
Jumlah barang X harga X 1 hari =48 X Rp 7000 X 1 =Rp 336.000,00
• PENDAPATAN PER BULAN
Jumlah barang X harga X bulan =48 X Rp 7000 X 30 Hari =Rp10.080.000,00
3.2.3 ANALISIS PERENCANAAN LABA/RUGI
• Pendapatan per bulan – (biaya variabel x bulan) Rp 10.080.000 – (219.000 x 30 hari) Rp 295.830.000 – 6.570.000= Rp 3.510.000,0
BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Dengan selesainya penyusunan proposal usaha ini saya dapat menarik kesimpulan bahwa dalam pembuatan/penyusunan proposal usaha hendak nya kita harus mengumpulkan data-data yang valid dan selengkap mungkin agar dalam penyusunan proposal usaha kita tidak mengalami kesulitan.Dan dengan ada nya tugas penyusunan proposal ini saya dapat mengetahui cara mengelola usaha nasi goreng dengan baik
Dengan selesainya penyusunan proposal usaha ini saya dapat menarik kesimpulan bahwa dalam pembuatan/penyusunan proposal usaha hendak nya kita harus mengumpulkan data-data yang valid dan selengkap mungkin agar dalam penyusunan proposal usaha kita tidak mengalami kesulitan.Dan dengan ada nya tugas penyusunan proposal ini saya dapat mengetahui cara mengelola usaha nasi goreng dengan baik
4.2 SARAN
Semoga proposal ini dapat memberi motivasi
wirausahawan baru untuk mendirikan usaha dan lebih kreatif Untuk membuka usaha
baru yang mempunyai masa depan bagus. Jaga kualitas nasi goreng Harus menerima
kritik dan saran dari orang lain dengan lapang dada,karena hal itu dapat
membangun serta menyukseskan usaha kita Jangan mudah menyerah dalam mendirikan
usaha dan harus tekun serta gigih dalam bekerja Belajar lah dari kesalahan dan
kegagalan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar