Sabtu, 14 Maret 2015

Alat peraga kantong ajaib



WORKSHOP
PROPOSAL ALAT PERAGA
“KANTONG AJAIB”
DOSEN PEMBIMBING: NURISSYIFA’I ROSYIDIN, S.Pd
logo stkip baru





DISUSUN OLEH:
KELOMPOK 8
1.     NOVITA MAGHFIROH            (105616)
2.     INDAH MUTHOHAROH         (105681)
3.     UNTANIA WINDY S.                (105696)
4.     RAHMAT WAHYUDI I.           (105773)
2010-D
PENDIDIKAN MATEMATIKA

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PGRI JOMBANG
2012

KATA PENGANTAR

Puji syukur  kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyelesaikan proposal dengan pembahasan alat peraga “KantongAjaib” ini dengan baik dan tepat waktu.
Dalam menyusun makalah ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Orang tua yang memberikan dorongan mental, dan materi sehingga dapat membangkitkan semangat kami untuk terus maju.
2.      Bapak Nurissyifa’i Rosyidin, S.Pdselaku dosen pembimbing mata kuliah Workshop yang telah memberikan petunjuk dalam pembuatan proposal ini.
3.      Teman-teman yang telah mendukung dalam pembuatan proposal ini.
Tujuan penulisan proposal ini adalah untuk mendemonstrasikan alat peraga “Kantong ajaib” yang berfungi untuk mempermudah siswa memahahami suatu konsep matematika yaitu pada materi pembagian, serta menerampilkan dan menguatkan konsep yang telah dipahami oleh siswa.
Proposal ini diusahakan  semaksimal mungkin dalam penyusunannya baik mengenai materi maupun teknik serta bahasanya. Namun penulis menyadari bahwa tiada kesempurnaan  tanpa adanya kritikan dan saran yang konstruktif. Maka dari itu kritik dan saran penulis harapkan demi penyusunan proposal selanjutnya.


Jombang, 13 November 2012


Penulis



A.    LATAR BELAKANG
Matematikamerupakanilmu universal yang mendasariperkembanganteknologi modern, mempunyaiperanpentingdalamberbagaidisiplindanmemajukandayapikirmanusia.Matematikabukanlahbagiantersendiridarisuatuilmupengetahuan, tetapikedudukanmatematikalebihkepadamelayanimanusiauntukmenyelesaikanmasalahsosial, ekonomidanilmualam.Tidaksekedarsebagaibahasa (bahasamatematika), tetapijugacaraberpikirlogis.
Mengingatbegitupentingnyamatematika, makapembelajarannyaharusdiupayakanmampumembangkitkanantusiassiswa. Hal inidapatdicapaijika guru memahamibahwasetiapsiswamemilikikemampuanberbeda, sehingga guru dituntutmemilikikesabaran, ketekunandankesungguhandalampenyajian. Sampaisetingkatsekolahmenengah, peran guru padapembelajaranmatematikamasihsangatdiperlukanolehsebagianbesarsiswa. Olehkarenaitu guru matematikaseharusnyamampumenyajikanpembelajaran yang menarikdantidakmenimbulkankesanmenakutkansiswa.
Kenyataan yang terjadihinggasaatini, hasilbelajarmatematikasiswamasihrendah, baikpadajenjangpendidikandasarmaupunjenjangmenengah. Ada banyakfaktorrendahnyahasilbelajarmatematikasiswasalahsatunyayaitudalam proses pembelajaranmatematika guru umumnyaterlaluberkonsentrasipadalatihanmenyelesaikansoaldanmenjelaskankonsepsecarainformatifsertaselama proses pembelajaransiswacenderungpasif, sedangkan guru berperansebagaipusatkegiatan. Sehinggapengalamanbelajarmerekatidakberkembang.Rendahnyahasilbelajarmatematikainijugaterjadipadamateripembagian, siswasekolahdasar yang barumengenalapaitupembagiancenderungmengalamikesulitanketikamencernakonseppembagiantersebut. Untukitu guru dituntutuntukmenjelaskanmateripembagianinisemaksimalmungkindenganmenggunakanberbagaimacamcaraataumetode agar siswadapatpahammengenaimateripembagian yang disampaikan.
Metodedemonstrasidinilaisangattepatsebagaialternatifmengatasimasalahini. Metodedemonstrasimerupkansalahsatumetodepembelajaranyang dapatdigunakanuntukmemudahkanseorangsiswadalampemahamankonsep  yang nantinyaakanberpengaruhpadahasilbelajarmereka.Dimanadalammetodeinimemperlihatkansuatu proses ataucarakerjasuatubenda yang berkenaandenganbahanpelajaran. Sehinggadalamhalini guru turutmenyediakan media pembelajaransebagaipenunjang proses pembelajaran.Media pembelajaraninisebagaialatuntukmenyalurkanpesan, merangsangpikiran, perasaan, perhatiandankemauansiswasehinggadapatmendorong proses belajar.
Media pembelajaran yang kami pilihyaitualatperaga yang kami berinama “KantongAjaib”.Sasaranalatperagainiadalah SD kelas IImateripembagian.Alatperagainibergunauntukmembantusiswamencernadanmemahamimateripembagian,

B.     ALAT DAN BAHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA
ü  Alat:
1.      Gunting
2.      Double tip
3.      Penggaris
4.      Spidol
5.      Benang
ü  Bahan:
1.      Papantriplekukuran 80 x 80 cm
2.      Kainflanelwarnabiru, merahdankuning
3.      Stick escream
4.      Paku
5.      Kertaskado
6.      Plastik
7.      Cat warnabiru, merahdankuning

C.    CARA PEMBUATAN ALAT PERAGA
1.      Siapkanalatdanbahan yang telahdisediakan
2.      Ambilpapantriplekukuran 80 x 80 cm. Tempelkertaskadodengan double tip padapapantriplekbagiandepan. Kertaskadoiniberfungsisebagai wallpaper agar papantidakpolos.
3.      Setelahkertaskadotertempeldenganrapi, ambilplastik yang telahdisediakanlalutempelkanpadabagiandepanpapantersebut yang sudah di berikartoskado. Atursecararapiplastiktersebut. Dan papan pun sudahsiapdigunakan, kemudiansisikan.
4.      Ambilkainflanel, kemudianbuat 33 kantongdarikaintersebut. Yang terdiridari 11 kantongdarikainflanelbiru, 11 kantongdarikainflanelmerah, dan 11 kantongdarikainkainflanelkuning. Setelahkantongtersebutselesaikemudiansisikan.
5.      Buatstick berwarnadari stick es cream dan cat yang telahdisiapkan. Cat stick tersebutdenganwarnabiru, merah, dankuninglalukeringkan. Buatlah stick denganmasing-masingwarnasebanyak-banyaknya.
6.      Kemudianambilpapan yang sudahjaditadi, tempelkan 3 kantongyaitu 1 kantongwarnabiru, 1 kantongwarnamerahdan 1 kantongwarnakuning. Susundenganrapikantong-kantongtersebutpadapapan. Setelahituberiketeranganpadabagianbawahsetiapkantongtersebut. Kantongbiruberiketeranganratusan, kantongmerahpuluhandankantongkuningsatuan.Sehinggamasihtersisa 30 kantongberwarnadansimpankantongtersebut.
7.      Setelahmenempatkanketigakantongtersebutdanmemberinyaketerangan, susunlahderetanpakusecaramendatarsebanyak 10 paku.
8.      Ulangimenyusunpakutersebutpadabarisdibawahnyahinggaterdapat 3 barispaku. Beriketeranganpadasetiapbaris. Barispakupertamamerupakanratusan, bariskeduapuluhan, danbaristerakhirmerupakansatuan.
9.      Setelahsemuanyajadidantersusunrapi, makakantongajaib pun siap di gunakan.

D.    SKETSA ALAT PERAGA









E.     CARA PENGGUNAAN ALAT PERAGA
1.      Sediakanstickbiruuntukmenyatakanratusan, stickmerahuntukmenyatakanpuluhan, danstickkuninguntukmenyatakansatuan.
2.      Mintalahanakmengerjakan  112 : 2.
3.      Teranganbahwa 112 dapatdiwakili 1 stickbiru, 1stickmerah ,dan2 stickkuning.
4.      Mintalahanakuntukmenukar 1 stickbirumenjadi 10 stickmerahsehingga total stickmerah 10 + 1 = 11
5.      Mintalahanakmenempatkan 11 stickmerahdalam2kantongpuluhansehinggamasing-masingkantongberisi 5 stickdanbersisa 1 stick.
6.      Sisa 1 stick merahtersebutditukardengan 10 stick kuningsehingga total stick kuning 10 + 2 = 12.
7.      Mintalahanakmenempatkan 12 stickkuningtersebutdalam2kantongsatuansehinggamasing-masingkantongterisi 6 stickkuning
8.      Tunjukanbahwamasing-masingkantongpuluhanberisi 5 stickmerah yang berartinilainya 50 dan 6 stickkuning di masing-masingkantongsatuan yang berartinilainya 6
9.      Sehinggadiperole 50 + 6 = 56. Jadi 112 : 2 = 56
10.  Analogikanlangkah-langkahsistematis di atasdenganbentukpembagian, yaitu :
11.  Berikancontoh-contoh yang lain










DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar