WORKSHOP
PROPOSAL ALAT PERAGA
“KANTONG AJAIB”
DOSEN PEMBIMBING: NURISSYIFA’I ROSYIDIN,
S.Pd
DISUSUN OLEH:
KELOMPOK 8
1.
NOVITA MAGHFIROH (105616)
2.
INDAH MUTHOHAROH (105681)
3.
UNTANIA WINDY S. (105696)
4.
RAHMAT WAHYUDI I. (105773)
2010-D
PENDIDIKAN
MATEMATIKA
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PGRI
JOMBANG
2012
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kepada Allah SWT yang telah
memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyelesaikan proposal dengan
pembahasan alat peraga “KantongAjaib”
ini dengan baik dan tepat waktu.
Dalam
menyusun makalah ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada:
1.
Orang tua yang memberikan dorongan mental, dan materi
sehingga dapat membangkitkan semangat kami untuk terus maju.
2.
Bapak Nurissyifa’i Rosyidin, S.Pdselaku dosen pembimbing
mata kuliah Workshop
yang telah memberikan petunjuk dalam pembuatan proposal ini.
3.
Teman-teman yang telah mendukung dalam pembuatan proposal
ini.
Tujuan
penulisan proposal ini adalah untuk mendemonstrasikan alat peraga “Kantong ajaib” yang berfungi untuk
mempermudah siswa memahahami suatu konsep matematika yaitu pada materi
pembagian, serta menerampilkan dan menguatkan konsep yang telah dipahami oleh
siswa.
Proposal
ini diusahakan semaksimal mungkin dalam
penyusunannya baik mengenai materi maupun teknik serta bahasanya. Namun penulis
menyadari bahwa tiada kesempurnaan tanpa
adanya kritikan dan saran yang konstruktif. Maka dari itu kritik dan saran
penulis harapkan demi penyusunan proposal selanjutnya.
Jombang, 13 November 2012
Penulis
A.
LATAR
BELAKANG
Matematikamerupakanilmu
universal yang mendasariperkembanganteknologi modern,
mempunyaiperanpentingdalamberbagaidisiplindanmemajukandayapikirmanusia.Matematikabukanlahbagiantersendiridarisuatuilmupengetahuan,
tetapikedudukanmatematikalebihkepadamelayanimanusiauntukmenyelesaikanmasalahsosial,
ekonomidanilmualam.Tidaksekedarsebagaibahasa (bahasamatematika),
tetapijugacaraberpikirlogis.
Mengingatbegitupentingnyamatematika,
makapembelajarannyaharusdiupayakanmampumembangkitkanantusiassiswa. Hal inidapatdicapaijika
guru memahamibahwasetiapsiswamemilikikemampuanberbeda, sehingga guru
dituntutmemilikikesabaran, ketekunandankesungguhandalampenyajian.
Sampaisetingkatsekolahmenengah, peran guru
padapembelajaranmatematikamasihsangatdiperlukanolehsebagianbesarsiswa.
Olehkarenaitu guru matematikaseharusnyamampumenyajikanpembelajaran yang
menarikdantidakmenimbulkankesanmenakutkansiswa.
Kenyataan yang
terjadihinggasaatini, hasilbelajarmatematikasiswamasihrendah,
baikpadajenjangpendidikandasarmaupunjenjangmenengah. Ada banyakfaktorrendahnyahasilbelajarmatematikasiswasalahsatunyayaitudalam
proses pembelajaranmatematika guru
umumnyaterlaluberkonsentrasipadalatihanmenyelesaikansoaldanmenjelaskankonsepsecarainformatifsertaselama
proses pembelajaransiswacenderungpasif, sedangkan guru
berperansebagaipusatkegiatan. Sehinggapengalamanbelajarmerekatidakberkembang.Rendahnyahasilbelajarmatematikainijugaterjadipadamateripembagian,
siswasekolahdasar yang barumengenalapaitupembagiancenderungmengalamikesulitanketikamencernakonseppembagiantersebut.
Untukitu guru dituntutuntukmenjelaskanmateripembagianinisemaksimalmungkindenganmenggunakanberbagaimacamcaraataumetode
agar siswadapatpahammengenaimateripembagian yang disampaikan.
Metodedemonstrasidinilaisangattepatsebagaialternatifmengatasimasalahini.
Metodedemonstrasimerupkansalahsatumetodepembelajaranyang
dapatdigunakanuntukmemudahkanseorangsiswadalampemahamankonsep yang
nantinyaakanberpengaruhpadahasilbelajarmereka.Dimanadalammetodeinimemperlihatkansuatu
proses ataucarakerjasuatubenda yang berkenaandenganbahanpelajaran.
Sehinggadalamhalini guru turutmenyediakan media pembelajaransebagaipenunjang
proses pembelajaran.Media pembelajaraninisebagaialatuntukmenyalurkanpesan,
merangsangpikiran, perasaan, perhatiandankemauansiswasehinggadapatmendorong
proses belajar.
Media pembelajaran yang
kami pilihyaitualatperaga yang kami berinama “KantongAjaib”.Sasaranalatperagainiadalah
SD kelas IImateripembagian.Alatperagainibergunauntukmembantusiswamencernadanmemahamimateripembagian,
B.
ALAT
DAN BAHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA
ü Alat:
1. Gunting
2. Double
tip
3. Penggaris
4. Spidol
5. Benang
ü Bahan:
1. Papantriplekukuran
80 x 80 cm
2. Kainflanelwarnabiru,
merahdankuning
3. Stick
escream
4. Paku
5. Kertaskado
6. Plastik
7. Cat
warnabiru, merahdankuning
C.
CARA
PEMBUATAN ALAT PERAGA
1.
Siapkanalatdanbahan
yang telahdisediakan
2.
Ambilpapantriplekukuran
80 x 80 cm. Tempelkertaskadodengan double tip padapapantriplekbagiandepan.
Kertaskadoiniberfungsisebagai wallpaper agar papantidakpolos.
3.
Setelahkertaskadotertempeldenganrapi,
ambilplastik yang telahdisediakanlalutempelkanpadabagiandepanpapantersebut yang
sudah di berikartoskado. Atursecararapiplastiktersebut. Dan papan pun
sudahsiapdigunakan, kemudiansisikan.
4.
Ambilkainflanel,
kemudianbuat 33 kantongdarikaintersebut. Yang terdiridari 11 kantongdarikainflanelbiru,
11 kantongdarikainflanelmerah, dan 11 kantongdarikainkainflanelkuning.
Setelahkantongtersebutselesaikemudiansisikan.
5.
Buatstick
berwarnadari stick es cream dan cat yang telahdisiapkan. Cat stick
tersebutdenganwarnabiru, merah, dankuninglalukeringkan. Buatlah stick
denganmasing-masingwarnasebanyak-banyaknya.
6.
Kemudianambilpapan
yang sudahjaditadi, tempelkan 3 kantongyaitu 1 kantongwarnabiru, 1
kantongwarnamerahdan 1 kantongwarnakuning.
Susundenganrapikantong-kantongtersebutpadapapan. Setelahituberiketeranganpadabagianbawahsetiapkantongtersebut.
Kantongbiruberiketeranganratusan, kantongmerahpuluhandankantongkuningsatuan.Sehinggamasihtersisa
30 kantongberwarnadansimpankantongtersebut.
7.
Setelahmenempatkanketigakantongtersebutdanmemberinyaketerangan,
susunlahderetanpakusecaramendatarsebanyak 10 paku.
8.
Ulangimenyusunpakutersebutpadabarisdibawahnyahinggaterdapat
3 barispaku. Beriketeranganpadasetiapbaris. Barispakupertamamerupakanratusan,
bariskeduapuluhan, danbaristerakhirmerupakansatuan.
9.
Setelahsemuanyajadidantersusunrapi,
makakantongajaib pun siap di gunakan.
D.
SKETSA
ALAT PERAGA
E.
CARA
PENGGUNAAN ALAT PERAGA
1.
Sediakanstickbiruuntukmenyatakanratusan,
stickmerahuntukmenyatakanpuluhan, danstickkuninguntukmenyatakansatuan.
2.
Mintalahanakmengerjakan 112 : 2.
3.
Teranganbahwa
112 dapatdiwakili 1 stickbiru, 1stickmerah ,dan2 stickkuning.
4.
Mintalahanakuntukmenukar
1 stickbirumenjadi 10 stickmerahsehingga total stickmerah 10 + 1 = 11
5.
Mintalahanakmenempatkan
11 stickmerahdalam2kantongpuluhansehinggamasing-masingkantongberisi 5 stickdanbersisa
1 stick.
6.
Sisa 1 stick
merahtersebutditukardengan 10 stick kuningsehingga total stick kuning 10 + 2 =
12.
7.
Mintalahanakmenempatkan
12 stickkuningtersebutdalam2kantongsatuansehinggamasing-masingkantongterisi 6 stickkuning
8.
Tunjukanbahwamasing-masingkantongpuluhanberisi
5 stickmerah yang berartinilainya 50 dan 6 stickkuning di
masing-masingkantongsatuan yang berartinilainya 6
9.
Sehinggadiperole
50 + 6 = 56. Jadi 112 : 2 = 56
10.
Analogikanlangkah-langkahsistematis
di atasdenganbentukpembagian, yaitu :
11.
Berikancontoh-contoh
yang lain
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar